Selasa, 20 Mei 2014

Membuat kitchen set minimalis



membuat kitchen set minimalis

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang penting bagi rumah tangga. Jika kita membuat dapur dengan desain sendiri, hasrat untuk memasak akan lebih besar. Untuk membuat sebuah kitchen set minimalis dan fungsional, kita perlu memperhitungkan beberapa aspek. Termasuk bahan baku, material, tenaga , desain dan lainnya. Apa saja hal yang harus di persiapkan untuk membuat sebuah kitchen set minimalis dan fungsional, berikut ini ulasannya.

1. Bahan
Ada beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kitchen set minimalis, mulai dari multipleks/plywood, particle board, MDF dan blockboard. Pastikan bahan dasar yang digunakan untuk kitchen set anda adalah multipleks/plywood. karena bahan ini kualitasnya jauh lebih baik dari bahan lain seperti particle board,MDF atau blockboard. Dan umumnya bahan multipleks / plywood ini paling banyak digunakan untuk kitchen set minimalis.

alternative lain bisa menggunakan kayu solid seperti jati atau meranti, namun cost yang anda keluarkan akan jauh lebih mahal dari pada menggunakan bahan yang umum untuk kitchen set seperti multipleks/plywood. Tetapi sebanding dengan kualitasnya yang lebih kuat dan lebih bagus dari multipleks atau plywood.

2. Bahan Finishing
Finishing adalah salah satu tahap penting dalam desain interior. Karena Finishing mencerminkan bentuk akhir dari kitchen set minimalis yang kita inginkan. Bahan finishing ini sangat penting untuk anda pahami, karena sebagian besar kitchen set harga dipengaruhi oleh penggunakan jenis finishingnya. Ada beberapa macam jenis finishing antara lain : decosheet, HPL, Melamin, Duco. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Untuk decosheet, lapisan ini bagus untuk kitchen set dapur bersih atau kitchen set yang tidak terlalu sering digunakan untuk memasak berat. bahan yang tipis sangat flexibel dan dapat mengikuti bentuk kitchen set semisal lengkung dll. bahan ini tidak mudah mengelupas, namun karena jenis bahannya yang tipis, jika penggunaan tidak apik bahan ini mudah robek karena tidak tahan terhadap panas dan minyak, jenis finishing decosheet ini lebih cocok untuk digunakan pada kabinet atas atau pada lemari pakaian dll. Harga untuk jenis finishing decosheet relatif lebih murah dibanding bahan finishing lainnya.

Sedangkan untuk HPL, bahan ini paling banyak digunakan untuk kitchen set karena selain pilihan motif yang beragam, bahan ini sangat mudah dibersihkan serta tahan terhadap minyak dan panas. harga lebih mahal dari decohseet, bahan juga lebih tebal.

Untuk melamin, finshing ini adalah finishing semprot, hampir sama dengan cat duco namun melamic ini menampakkan tektur dasar bermotif kayu, baik sungkai atau taekwood, tergantung keinginan anda. jenis finishing melamin ini butuh perawatan ekstra, Jika melamin ini dibiarkan terlalu lama terkena air, dan jarang di bersihkan, maka furniture akan lebih mudah terserang jamur.


Yang terakhir adalah cat duco, finishing ini adalah jenis finishing yang paling mahal dibanding jenis finishing lainnya. Anda bisa memilih warna sesuai keinginan anda baik glossy atau Doff, finishing ini sangat tahan lama, dengan finishing cat duco, kitchen set anda akan tampak elegan.

3. Desain
Untuk desain, jangan tergiur dengan bentuk desain kitchen set minimalis yang unik, anda harus tetap fokus pada kebutuhan anda terhadap kitchen set tersebut. Jika menuruti desain tidak aka nada habisnya. Banyak inovasi desain untuk kitchen set namun terkadang desain tersebut tidak dapat mengakomodir kebutuhan anda. Sebelum membuat desain, pastikan dahulu berapa luas dapur anda, alat apa saja yang akan anda gunakan. aktifitas apa saja yang akan dilakukan di dapur anda.
Hal ini penting, agar anda bisa memaksimalkan fungsi dari kehadiran kitchen set di dapur anda. Jadi meskipun konsepnya kitchen set minimalis, tapi fungsinya lebih maksimal.

4. Penggunaan peralatan

Dalam membuat kitchen set minimalis, Penggunaan peralatan perlu anda pertimbangkan sejak awal, semisal penggunaan kompor, jangan membeli kompor yang terlalu besar jika anda tidak terlalu membutuhkannya, karena hal tersebut akan mengurangi area lainnya. pengunaan exhaust hendaknya disesuaikan dengan kompor yang anda miliki. Dan usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak peralatan karena akan mempersempit ruang gerak dapur. Pilih peralatan sesuai kebutuhan.

5. Penentuan laci atau pintu kitchen set
Saat merancang kitchen set minimalis kita juga harus memperhitungkan penggunaan peralatan atau perabot yang anda miliki, kalkulasikan apa saja yang anda gunakan, dan sampaikan kepada penyedia jasa pembuatan kitchen set yang anda percaya untuk menyesuaikan pintu atau laci agar dapat menampung semua peralatan sesuai dengan kebutuhan dan tempatnya.

0 komentar:

Posting Komentar